Seputar Kucing Sphynx Yang Sangat Unik Nan Menarik

Tags

Kucing Sphynx merupakan kucing peliharaan yang begitu lucu, unik dan sangat khas. Betapa tidak.. kucing sphynx ini sekilas tampak tidak memiliki bulu yang menghiasi tubuhnya, sehingga hanya terlihat kulit mulus saja tanpa adanya balutan bulu-bulu lembut yang menutupi tubuhnya seperti pada kebanyakan kucing peliharaan umumnya. Akan tetapi sebetulnya ia juga mempunyai bulu halus di beberapa bagian tubuhnya seperti di telinga, kaki, ekor dan di bagian kelamin.

kucing Sphynx

Sejarah Kucing Sphynx

Kucing Sphynx ini juga sering disebut Canadian Hairless, karena awal mulanya jenis kucing sphinx ini berasal dari Kanada. Awal kemunculan ras Sphynx ini berawal saat kucing lokal di Kanada melahirkan anak-anakn kucing tanpa bulu lantaran mutasi genetik. Nah, dari anakan kucing tersebut kemudian dimulai proses pengembangbiakan jenis kucing tanpa bulu ini, kemudian ia lebih populer dengan nama Canadian hairless.

Konon ras Canadian hairless ini sempat punah pada saat CFA (cat fanciers association) memberikan pernyataan bahwa ketiadaan bulu-bulu pada kucing merupakan hal yang tak normal sehingga dapat mematikan bagi kucing tanpa bulu itu sendiri. Lantas proses pengembangbiakan yang telah dilakukan sebelumnya lalu dihentikan. Akan tetapi selang beberapa lama kucing tanpa bulu kembali muncul tapi bukanlah di Kanada melainkn di Minnesota, Amerika Serikat.

Salah seorang peternak kucing yang bernama Georgina Gattenby lalu mencoba mengembangkan lagi dengan cara kawin silang antara kucing tanpa bulu tersebut dengan ras  Kucing Devon Rex. Nah.. dari hasil perkawinan silang itulah kemudian mengahasilkan keturunan yang lebih baik lagi dari segi sifat genetik dan kesehatannya. Anakan kucing dari hasil perkawinan silang tersebut lantas dikenal dengan nama “Sphynx”, yang nama tersebut diambil dari nama patung di Giza, Mesir.

Ciri Fisik Kucing Sphynx

Kucing sphinx ini mempunyai ukuran postur badan sedang, tegap dan mbulat pada bagian perut serta dadanya agak lebar. Bentuk kepalanya tampak segitiga bila diamati dari arah depan dan sedikit memanjang. Bagian dahinya terlihat rata dan bentuk tulang pipi tampak menonjol.

Jika diamati pada bagiaN hidungnya, maka kucing sphinx memiliki hidung yang terbilang pendek dengan lekukan yang cukup tegas antara hidung dengan dagu. Hewan yang tampak takberbulu ini juga memiliki kumis tipis bahkan ada pula yang tak memiliki kumis sama sekali.

Telinganya berukuran cukup besar serta lebar terutama pada bagian bawah dengan posisi berdiri tegak. Pada bagian dalam telinganya juga tidak berbulu. Bola matanya berbentuk bulat dan lebar bak lemon dengan ujung bagian luarnya mengarah kesamping. Secara keseluruhan kucing sphynx ini memang unik dan patut diacungi jempol dari segi penampilan.

Karakter Kucing Sphynx

Ditinjau dari penampilannya yang tergolong unik dan lucu, tak heran bila karakter si pus satu ini juga memiliki sifat yang sangat ramah, lembut, kalem dan juga suka mencari perhatian. Binatang peliharaan satu ini juga mudah akrab dengan majikannya. Karena memang kucing tanpa bulu ini termasuk hewan yang sifat sosialisasinya tinggi, aktif bergerak dan senang bermain. Jadi.. jika anda merawat dan memelihara kucing sphinx ini jangan ditinggal terlalu lama ya catlovers.

Gambar Kucing Sphynx Asli

gambar kucing sphynx
kucing sphyniyx 1

Harga Kucing Sphynx

Di Indoensia harga kucing sphynx sangatlah mahal, karena kucing unik nan lucu ini merupakan kucing impor dengan kualitas baik, unik juga menarik. Harganya rata-rata sekitar 25 Juta.

Beberapa artis yang ketahuan memiliki kucing sphynx ini diantaranya Uya Kuya dan Raditya Dika. Namun milik Raditya Dika saat ini sudah meninggal saat ditinggal bepergian. Sekian sharing tentang kucing sphynx yang terkenal lucu, unik dan sangat khas ini.

Artikel Terkait