Kucing Maine Coon, Ciri Fisik, Harga dan Karakternya

Tags

Kucing maine coon sering juga disebut sebagai American longhair cat merupakan salah satu ras kucing paling tua yang terjadi secara alami yang mana berasal daerah Maine, Amerika Serikat. Kucing ras anggora dan ras Norwegian Forest ini diyakini bahwa mereka merupakan nenek moyang dari Kucing Maine Coon tersebut.

kucing mainecoon

Konon, Kucing Maine Coon banyak dipercaya bahwa ras satu ini adalah hasil silang yang terjadi secara alamiah antara kucing liar dengan hewan lain yang bernama Rakun. Mitos ini begitu banyak orang mempercayainya, karena memang bila diamati lebih detail maka kucing yang dikenal dengan nama maine coon tersebut memiliki bentuk dan warna ekor yang mirip dengan ekor Rakun.

Terlepas dari itu semua, bahwa saat ini Kucing Maine Coon telah menjadi salah satu kucing paling populer dikalangan pecinta kucing khususnya di dunia terlebih di Amerika. Lantaran si pus satu ini dianugerahi keunikan dan kelebihan tersendiri dimana tidak terdapat pada kucing peliharaan lainnya.

#1. Sejarah Kucing Maine Coon


Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa kucing satu ini konon merupakan keturunan hasil persilangan dari 2 jenis hewan berbeda yakni satu ras kucing liar dengan Rakun. Hal ini secara biologi tidak mungkin terjadi. Meski begitu, banyak catlovers yang mempercayainya. Mitos tersebut berkembang lantaran bentuk dan warna ekor kucing maine coon sangat mirip dengan ekornya Rakun tersebut. Hingga akhirnya kemudian kucing ras “Maine”

Sejarah lainnya mengatakan bahwa Kucing Maine Coon berasal dari perkawinan antara kucing domestik “berbulu pendek” dengan kucing Longhair yang mana diperkenalkan ke Amerika oleh pelaut New England atau bangsa Viking (orang-orang yang suka membawa kucing ke kapal untuk mengendalikan populasi tikus).

#2. Ciri Fisik Kucing Maine Coon

Adapun ciri fisik yang cukup menonjol pada kucing satu ini adalah bulu-bulu di bagian leher menyerupai surai pada seekor singa, meskipun hal ini tidak mirip 100 persen. Postur badannya yang besar, panjang dan bentuknya hampir persegi empat. Tulang atau otot-ototnya tebal dan kuat. Ukuran kepalanya tampak sedang namun agak sedikit lebar sedangkan dahinya sedikit melengkung di bagian ujung dengan bentuk dagu yang tajam.

gambar kucing maine coon
Bentuk kepala kucing mainecoon

kcuing maine coon
Bulu ekor kucing maine coon bak Kemuceng

Bulu-bulu yang menjadi penghias tubuhnya cukup tebal dan halus. Dan tekstur bulu pada bagian ekornya juga cukup lebat. Sedangkan bulu-bulu di bagian punggung dan paha agak panjang, sementara bulu di bagian leher tumbuh lebih panjang lagi. Bulunya juga diyakini sedikit berminyak sehingga lebih tahan basah bila terkena air.

#3. Karakter atau Sifat Kucing Maine Coon

Selain memiliki paras yang cukup besar serta sangar, si pus maine coon ini juga dianugerahi sifat atau karakter yang cerdas, lincah, serta lebih mandiri, sehingga tidaklah mengherankan bila kemudian banyak yang tertarik untuk merawat dan memilikinya.

Namun perlu diketahui pula bahwasanya Kucing Maine Coon juga dikenal dengan karakter kemandiriannya pada dirinya sendiri, ternyata ia juga termasuk tipe binatang yang sangat dekat dengan manusia. Jadi ia tidak sepenuhnya mandiri atau independent. Jadi buat catlovers yang sudah memilikinya jangan lupa untuk mengajaknya bermain bersama agar hubungan antara pemilik dengan hewan peliharaan ini jadi makin dekat.

#4. Harga Kucing Maine Coon

Special binatang lucu yang bernama maine coon ini memiliki pangsa pasar yang cukup bagus dengan kisaran harga yang relative mahal. Adapun harga kucing maine coon berkisar antara 10 sampai 18 juta rupiah. Wow.. lumayan mahal bukan.!! Namun untuk mainecoon yang sudah mendapat gelar juara dari sebuah kontes atau champion maka harganya bisa melambung lebih tinggi lagi yakni bisa mencapai di kisaran ratusan juta rupiah. Waaaah..*?!!

Artikel Terkait