5 Cara Merawat Kucing Anggora yang Baik dan Mudah

Tags

Kucing anggora sudah terlanjur populer akan kecantikan dan keindahan bulu-bulu panjangnya. Akan tetapi jika tidak dirawat dengan pola perwatan yang baik tentunya bukan tidak mungkin bila akhirnya tidak cantik lagi bahkan tidak enak dipandang. Oleh karena itu, sebagai pemilik harus rajin merawatnya secara rutin. Namun bagaimana cara merawat kucing anggora yang baik dan mudah.. silakan lanjut menyimak sampai habis ya catlovers.


Cara merawat kucing anggora bisa dibilang gampang-gampang susah, gampangnya ia memang gemar bermain di rumah dan susahnya ketika nakal, pup sembarangan padahal tempat kotak pasir sudah disediakan pada wadah khusus untuknya. Berikut beberapa tips perawatannya.

Cara Merawat Kucing Anggora

#1. Makanan kucing anggora
Makanan bagi mahluk hidup termasuk anggora merupakan faktor penting bagi perkembangan dan kesehatannya. Dalam memberinya makan sebaiknya diberikan pakan kering yang saat ini sudah banyak dijual di toko hewan dengan berbagai macam merek. Dalam menyajikana makananya juga tak boleh berlebihan agar si pus tidak kegemukan, bila terlalu gemuk akan sulit hamil bagi kucing betina dan dapat mengganggu kesehatannya.

#2. Minuman kucing anggora
Alangkah lebih baik jika anda memberinya air putih yang sudah masak atau air kemasan. Jika diberi air pdam atau air mentah bisa saja air tersebut masih mengandung kaporit atau bakteri yang dapat menurunkan kesehatannya. Nah, sebagai antisipasi sebaiknya anda jangan pernah memberinya minum dengan air mentah. Kalian juga disarankan memberinya air susu khusus kucing sesekali saja guna melengkapi kebutuhan nutrisi penting bagi tubuhnya.

#3. Memandikan kucing anggora

gambar kucing mandi

Sama halnya dengan manusia kucing juga perlu dimandikan setidaknya setiap 2 minggu sekali atau sesuai jadwal yang telah ditentukan. Memandikan kucing anggora ini sangatlah penting untuk menjaga bulu-bulunya tetap lembut dan bersih sehingga nantinya juga bisa terhindar dari yang namanya bulu menggumpal dan banyak kutu. Usai dimandikan jangan lupa bulu panjangnya tersebut harus disisir supaya tampak rapi dan cantik.

#4. Membersihkan kandang kucing anggora
Kebersihan kandang si meong anggora ini juga wajib dijaga kebersihannya. Maka dari itu, setiap pagi atau sore kalin harus membersihkan kandangnya dari berbagai kotoran seperti sisa makanan yang berjatuhan di lantai, bulu rontok, pasir dan lain sebagainya.

Dan anda juga perlu mengganti pasir tempat pup, merapikan tempat tidurnya yang terkadang berantakan dan terkadang pula alas tidurnya dalam kondisi lembab sehingga anda harus menggantinya. Semua ini dilakukan agar si kucing merasa betah dan nyaman dan terhindar dari penyakit berbahaya.

#5. Periksakan ke dokter hewan
Semenjak awal sebaiknya kucing sudah harus divaksin supaya ia lebih kebal terhadap penyakit berbahaya seperti rabies dll. Selain itu pemilik juga butuh melakukan pemeriksaan kesehatannya secara berkala pada dokter spesialis hewan. Dengan demikian maka kesehatan kucing akan lebih terkontrol. Itulah sedikit tips tentang cara merawat kucing anggora yang baik dan mudah. Semoga kucing kesayangan anda tetap sehat dan lucu ya.

Artikel Terkait