7 Tips Cara Memandikan Kucing Sendiri di Rumah

Tags

Para cat lovers tentu menginginkan kucing peliharaannya memiliki bulu yang indah, harum, rapih dan bersih. Bulu-bulu kucing bisa menjadi indikator bahwa kucing tersebut sehat atau tidak. Nah, jika bulu-bulunya terlihat bersih biasanya kucing tersebut menandakan dalam kondisi sehat. Maka dari itu sebagai pemilik anda harus tahu cara memandikan kucing sendiri di rumah dengan cara yang baik dan benar agar bulunya selalu bersih dan rapih serta sehat.

cara memandikan kucing

Namun perlu anda ingat pula bahwa dalam memandikan kucing bukanlah perkara mudah. Bila saja anda memandikan kucing kesayangannya tanpa tahu cara dan tipnya bisa-bisa anda kewalahan dibuatnya, karena umumnya kucing anggora, Persia, kampung dan jenis kucing lainnya agak sedikit takut sama air. Terutama untuk kucing peliharaan yang belum terbiasa dimandikan. Namun jika sudah terbiasa pasti ia akan senang saat dimandikan.

Sebelum anda mulai memandikan kucing sendiri di rumah, ada beberapa bahan dan alat yang anda perlukan. Diantaranya air dingin atau air hangat, handuk halus, sikat sisir yang lembut, bedak, cottonbuds untuk membersihkan telinga, alat potong kuku, shampoo dan juga pengering rambut atau hairdryer. Berikut tata cara atau langkah-langkanya.

Cara Memandikan Kucing Yang Baik dan Benar

#1. Mandikan kucing pada waktu yang tepat
Sama halnya dengan manusia, kucing juga perlu dimandikan agar bulu-bulu lembutnya tetap bersih, wangi dan terbebas dari kutu dan penyakit yang mengintainya. Waktu yang tapat untuk memandikan kucing adalah saat bulunya sudah terlihat dekil, lusuh dan terdapat kutu di sela-sela bulunya.

Intensitas dalam memandikan kucing itu yang gemar main di luar dan dalam rumah jelas saja berbeda. Biasanya untuk si pus yang sering kali diajak main di outdoor atau luar ruangan harus lebih sering dimandikan karena badan atau bulunya lebih cepat kotor dan berantakan agar ia selalu tampil cantik, bersih dari kotoran dan kutu-kutu penghisap darah.

#2. Sebelum dimandikan potong kuku dulu
Saat kucing mulai dimandikan sebaiknya kukunya yang sudah terlalu panjang dipotong terlebih dahulu agar penampilannya lebih menarik dan tentunya saat dimandikan resiko terkena cakaran kucing bisa diminimalisir. Kita tahu bahwa sebetulnya hewan peliharaan lucu bernama kucing ini agak takut sama air, sehingga terkadang saat si meong dimandikan suka berontak dan main cakar gak karuan. So.. hati-hati ya.

#3. Pastikan kondisi kucing
Saat anda hendak memandikan kucing pastikan ia tenang dan tidak berontak. Kemudian pastikan kaki belakangnya sudah berpijak pada bak pemandian. Peganglah pada bagian tengkuk secara lembut dan perlahan agar ia tetap tenang di bak mandi. Namun bila anda mengalami kesulitan anda bisa meminta orang lain untuk membantunya.

#4. Mandikan secara bertahap
Tips jitu agar kucing tetap tenang dan tidak berontak saat dimandikan maka lakukanlah pemadian secara bertahap dengan cara.. pertama basahi dulu bagian kakinya kemudian diamkan sejenak. Kemudian dilanjutkan dengan membasahi pada bagian tubuh lainnya. Dan pastikan kalian yang memandikan juga musti tenang dan tidak gugup.

#5. Mencuci bulu kucing


kucing mandi

Setelah tubuh kucing sudah dalam kondisi basah semua lalu lanjutkan dengan mencuci bulu kucing dengan shampoo. Anda bisa memulai mencuci bulunya pada bagian leher hingga ekor dengan sedikit dipijat lembut agar si pus terus tenang dan tak berontak. Sebaiknya anda hindari mencuci dengan shampoo pada bagian alat inderanya seperti mata, mulut, hidung, telinga karena dampaknya tidak baik lebih baik kalin menggunakan lap basah.

#6. Bilas sampai bersih

Tahap selanjutunya ialah membilas shampoo yang masih menempel pada tubuh atau bulu kucing dengan air bersih. Kemduian lakukan pembilasan kedua kalinya lebih baik dengan air hangat supaya sisa-sisa shampoo yang masih menempel pada bulunya betul-betul bersih.

#7. Terakhir keringkan bulu

Usai dibilas dengan air bersih maka proeses selanjutnya adalah mengeringkan bulu-bulu kucing. Pertama usap atau keringkan bulunya dengan handuk, jika kondisi bulunya sudah mulai mengering kemudian akan lebih baik lagi bila dilanjutkan menggunakan hairdryer agar bulu-bulu lembutnya tersebut benar-benar kering dan cantik. Sebab jika masih lembab atau basah bisa mengundang hadirnya kutu atau bakteri jahat yang merugikan. Demikianlah tips cara memandikan kucing yang mudah. Selamat mencoba.

Artikel Terkait