Seputar Kelinci Satin ~ Ciri-Ciri, Sejarah dan Keunikan

Tags

Kelinci Satin pertama kali ditemukan oleh Walter Kwik dari Indiana yang merupakan pengembang dari Kelinci Havana pada tahun 1930. Kemudian Walter Kwik mengirim kelincinya ke universitas Havard lalu para pakar genetika disana menetapkan adanya mutasi baru yang merupakan gen resesif dengan bulu bersinar serta tekstur bulu yang pendek namun sangat rapat. Mutasi ini mirip sekali dengan kelinci Rex.

kelinci satin

Ciri-ciri kelinci satin memiliki badan yang lumayan panjang, kepala lebar, leher pendek, telinga lebar dan tampak proporsional dengan badannya. Sekilas jenis satin ini hampir mirip dengan kelinci rex sehingga sering juga disebut satin rex. Oleh karena itu wajar jika bulu-bulunya tak jauh berbeda dengan rex, namun bulunya masih jauh lebih tebal dan lebat satin.

Warna kelinci satin sangat beragam antara lain, coklat, merah, krem, perak dan ada juga dengan kombinasi warna berspot putih atau totol putih. Dan jenis ini juga memiliki 11 varietas yakni hitam, coklat, biru, broken, California, chinchilla, tembaga, merah, otter, siam dan putih. Perlu anda tahu kelinci satin pertama kali muncul adalah mutasi kelinci havana coklat, mutasi ini dapat dengan mudah dikenali pada batang bulu atau rambut tampak bersinar.

Apabila anda memilihara kelinci hias jenis satin ini, maka sangat dianjurkan untuk memberinya makanan berprotein tinggi dan juga biji bunga matahari agar kualitas bulunya tampak lebih baik dan pastinya sedikit lebih bersinar, sebab Kelinci Satin ini umumnya memiliki warna bulu yang bercahaya atau bersinar, apalagi disaat bulu terkena pancaran sinar matahari maupun lampu. Selain pemberian pakan yang baik, perawatan dengan menyikat bulunya juga penting dilakukan agar bulunya terlihat lebih rapi dan cantik.

Kelinci Satin sebenarnya berasal dari negara Amerika Serikat. Hewan lucu jenis ini memiliki bobot berkisar 3,8 – 5 kg. Dilihat dari berat badannya maka kelinci ini termasuk kategori berbadan besar, berarti kebutuhan pakannya lebih banyak dibanding jenis kelinci mini seperti Netherland Dwarf.

Demikian penjelasan mengenai kelinci satin yang dapat IstanaHewan.com sampaikan pada kesempatan kali ini spesial buat para rabbit lovers semua.

Artikel Terkait