Mengenal Kelinci Lion ~ Si Kelinci Hias Mirip Singa

Tags

Kelinci lion atau kelinci lion head merupakan kelinci hias yang memiliki perawakan yang mirip dengan singa jantan yang bahasa inggrisnya disebut "Lion". Hewan pengerat satu ini cukup unik lantaran bulu-bulu di area kepalanya tumbuh cukup lebat dan panjang, sedangkan pada bagian tubuh lainnya hanya ditumbuhi bulu yang terbilang pendek dan tak selebat dan tak sepanjang bulu pada area wajahnya.

kelinci lion

Namun tahukan anda bahwa Kelinci Lion bukanlah hasil persilangan antara jenis kelinci anggora dengan binatang yang juga disebut sang raja hutan alias singa. Bukan, melainkan kelinci lion merupakan kelinci anggora yang tidak jadi. Mengapa bisa demikian?. Sebab bisa jadi indukan anggora tidak murni seperti hasil silangan. Atau mungkin lantaran kelinci anggora asli dikawin silangkan dengan kelinci lokal atau jenis lain yang memliki bulu-bulu pendek dan tipis.

Dengan perkawinan silang tersebut kemungkinan besar akan mengahsilkan keturunan seperti kelinci lion ini, bulu-bulunya tak selebat dan tak sepanjang jenis kelinci anggora asli. Dalam beternak kelinci pastinya faktor genetik atau keturunan juga berpengaruh, misal anda beternak kelinci dengan memilih indukan berkualitas, maka anakannya akan diwarisi sifat serta keunggulan yang tak jauh berbeda dengan kedua indukan tersebut.

Ciri - Ciri Kelinci Lion


Hal paling menonjol pada kelinci lion adalah penampakannya yang menyerupai seekor singa jantan lantaran bulu-bulu pada area wajah dan leher tumbuh cukup lebat dan panjang sedang pada bagian punggung dan sekitarnya tak ditumbuhi bulu panjang. Sehingga sekilas kelinci lion sangat mirip singa.

Kelinci lion umumnya mempunyai ukuran telinga yang pendek dan pada bagian ujungnya tidak ditumbuhi bulu-bulu halus dan panjang yang biasanya bisa ditemui pada telinga kelinci anggora asli.

Variasi warna bulunya beragam ada yang berwarna putih, hitam, abu-abu, coklat kekuningan dan coklat kemerahan dan sebagainya.

Kelinci lion masuk kategori kelinci sedang, sebab kelinci satu ini masih saudara dekat dengan anggora. Maka dari itu penting juga dilakukan perawatan seperti mencukur terutama pada bagian bulu yang tumbuh di area wajah dan leher agar tetap bersih dan serasi.

Harga Kelinci Lion

Kelinci yang mirip singa ini banyak dijual pada acara pasar malam atau expo, dan peminatnya sangat banyak, ditinjau dari harga tentu harga kelinci lion lebih terjangkau dibanding anggora asli. Harga anakan kelinci lion dipatok sekitar Rp 50.000 per ekor.

Sekian ulasan tentang kelinci lion atau lion head ini. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita khususnya tentang keanikaragaman Kelinci Hias yang ada.

Artikel Terkait