10 Jenis Kelinci Hias Paling Favorit di Indonesia

Tags

Kelinci Hias | Lucu dan bikin gemes merupakan ungkapan yang pas bila ditujukan pada hewan peliharaan bernama kelinci. Betapa tidak, raut wajahnya serta tingkah lakunya kerap menghadirkan kesenangan dan kelucuan tersendiri bagi sepasang mata yang memandangnya, sehingga kelinci hias menjadi salah satu binatang peliharaan favorit banyak orang selain anjing dan kucing. Dan rasanya kelinci hias akan terus berkembang mengiringi zaman.

kelinci hias

Ada beberapa jenis kelinci hias yang tersebar di Indonesia mulai dari yang berpostur mini, sedang, hingga besar dan berbulu pendek sampai panjang. Dan dari yang kelas biasa hingga populer, dari semua jenis tersebut memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Berikut jenis kelinci hias palingg favorit di Indonesia, silakan anda simak.

Jenis Kelinci Hias Favorit

Berikut beberapa jenis kelinci peliharaan pilihan rabbit lovers

#1. Kelinci anggora

gambar kelinci anggora

Kelinci hias berbulu panjang ini merupakan salah satu jenis yang paling diminati di tanah air. Sebab memiliki kualitas bulu yang cantik, lembut nan panjang, serta berperawakan imut, lucu terutama pada bagian wajahnya yang ditutupi bulu-bulu indahnya. Kelinci berbulu panjang ini memiliki postur cukup besar, bobot dewasa bisa mencapai 4 kg baik jantan maupun betina. Harganya tergolong mahal yakni bekisar Rp 250.000 untuk remaja. 

#2. Kelinci rex

gambar kelinci rex

Kelinci rex terkenal dengan bulunya yang lembut. Banyak orang menyukai jenis kelinci bulu karpet ini. Selain kaulitas bulun ya yang lembut bak beludru ia juga masuk kategori kelinci berpostur besar, karena bobot nya bisa mencapai 4 kg lebih di usia dewasa, sehingga selain dijadikan kelinci hiasa ia juga sering diternak sebagai kelinci pedaging. Nah harga anakan kelinci rex ini sekitar Rp 100.000.

#3. Kelinci fuzzy lop

gambar kelinci fuzzy lop

Jenis kelinci lop satu ini cukup diminati oleh para rabbit lovers lantaran keunikan kupingnya yang terkulai ke bawah. Tidak semua jenis kelinci hias dianugerahi ciri khas kuping menggantung seperti fuzzy lop ini. Bagaimana para pecinta kelinci hias? cantik dan unik bukan!.

#4. Kelinci lion

kelinci lion singa

Tampang kelinci hias yang mirip singa ini memberikan kesan lucu meski singa itu sendiri seram dan ganas. Kelinci lion merupakan keturunan anggora tapi tidak jadi. Sehingga bulu panjangnya hanya tumbuh di area wajah dan leher. Sekilas tampangnya bak seekor singa. 

#5. Kelinci dutch

gambar kelinci dutch

Kelinci dutch atau belanda disukaii lantaran keunikan warna bulunya menyerupai kalung atau pelana yang melingkar pada bagian leher, dada, punggung terus sampai ujung kaki depan. Dari segi warnanya cukup beragam ada warna putih, abu-abu dan hitam. Kelinci dutch yang mmpunyai warna bulu 3 macam sekaligus sering disebut tricoloured dutch atau kembang telon, sehingga warna bulunya tampak begitu bervariasi dan terlihat lebih cantik tentunya.

#6. Kelinci netherland dwarf

kelinci mini

Kelinci satu ini mempunyai postur mungil sehingga sering kali disebut kelinci mini. Postur badannya hanya antara 1 kg – 2.5 kg saat dewasa. Nah bagi rabbit lover yang suka kelinci hias berpostur mini kelinci ND ini menjadi pilihan tepat. Perawakannya yang imut-imut dan mini banget maka konsumsi pakan pun juga sedikit sehingga tidak boros dalam hal pakan.

#7. Kelinci hotot

gambar kelinci hotot
Kelinci hotot dapat menawarkan ciri khasnya sendiri. Ia mudah dikenal lantaran ciri khasnya yang unik nan lucu yaitu ada semacam celak yang menghias di sekitar matanya. Hewan lmut satu ini termasuk kelinci berpostur mini namun masih kalah mungil dengan kelinci ND.

#8. Kelinci australia putih

gambar kelinci australia

Kelinci Australia atau new zealand sejatinya termasuk kelinci pedaging, karena pertumbuhan badan yang relatif cepat. Namun di tanah air terwelu berbadan bongsor ini malah sering dijadikan hewan peliharaan kesayangan terutama yang berwarna putih polos ditambah dengan keindahan warma mata merah muda, menjadikan banyak orang jatuh hati padanya. 

#9. Kelinci english spot

gambar kelinci english spot

Kelinci english spot dianugerahi pola warna bulu yang unik dan menarik yaitu tubuhnya terhiasi dengan spot-spot warna hitam pada bagian moncong, lingkar mata, telinga dan samping perut, ada juga yang warna spot coklat dan abu-abu. Berkat keunikan warna bulunya tersebut banyak rabbit lovers menjadikannya sebagai pilihan favorit.

#10. Kelinci lokal

kelinci-lokal

Kelinci lokal merupakan kelinci asli Indonesia yang telah lama dan berkembang biak di bumi Indonesia. Meski produk lokal jangan salah terwelu lokal ini tak ubahnya terwelu impor lainnya, hanya saja dari segi kualitas warna bulu cendrung biasa, biasanya bulunya berwarna ke abu-abuan, akan tetapi daya adapatasinya lebih tinggi dari jenis import.

Demikian ulasan tentang jenis kelinci hias paling favorit di Indonesia. Berharap kita makin cinta pada hewan lucu dan bikin gemes bernama kelinci ini. Dari sekian banyak jenis seperti di atas lantas anda lebih suka yang mana?. Tentukan pilhan mu wahai rabbit lovers.

Artikel Terkait