Cara Benar Menyapih Anak Kelinci Serta PerawatanNya

Tags

Anak Kelinci tampak begitu mulus tanpa adanya bulu-bulu lembut menutupi tubuhnya di hari pertama pasca kelahiran. Sekilas ia kelihatan seperti hamster namun tak berbulu. Tetapi dengan beriringnya waktu ia berubah menjadi sosok hewan mungil yang tampak begitu lucu dan  gemesin banget. Lantas kapan waktu yang tepat untuk menyapih anak kelinci dengan induknya. Sebab bila terlalu terburu-buru menyapih ataupun terlambat juga tidak baik.

cara menyapih anakan kelinci

Penting untuk anda ketahui agar setelah Anakan Kelinci dipisah dari induknya tidak mengalami hal-hal yang tidak diinginkan misal mati, stres, tidak mau makan dan sebagainya. Maka ketahuilah cara benar dalam menyapih anakan kelinci beserta perawatannya berikut ini.
  
Cara Menyapih Anak Kelinci Yang Benar

Pertama perhatikan umur anakan. Waktu paling ideal untuk menyapih baby kelinci dengan induknya ketikan usia anakan sudah menginjak 45 hari. Sebab pada waktu tersebut si baby sudah cukup besar dan sudah bisa mandiri, bisa makan minum sendiri. Jadi tidak bergantung lagi pada indukan.

Kedua apabila anda ingin mendapatkan jumlah Anakan Kelinci lebih banyak dalam kurun waktu lebih singkat dengan sedikit mengabaikan ketahan anakan pasca penyapihan. Maka pada usia ke 35 harian Anakan bisa anda pisah dari sang induk. Pada waktu itu baby kelinci sudah mulai bisa makan rumput meski masih tahap belajar. Jika belum berumur 30 hari sebaiknya jangan disapih dulu.

Cara Merawat Anak Kelinci Baru Disapih dari Induk

Kondisi anakan kelinci yang baru disapih dari induknya secara umum masih belum bisa makan sembarang, apalagi pakan yang teksturnya cukup keras. Oleh karenanya berikan rumput yang cukup lunak, kangkung serta wortel muda atau lebih baik bubuk pelet. Agar ia terus belajar mengunyah makanan hingga akhirnya bisa mandiri. Bila si baby sudah mandiri anda juga bisa menjualnya ke berbagai tempat bisa di pasar malam, expo, dll.

Dan yang tidak kalah penting usai penyapihan anakan kelinci dengan indukan, tempatkan anakan pada kandang yang cukup luas. Satu kandang bisa diisi kurang lebih 7 ekor anakan. Menggunakan kandang berukuran cukup luas diharapkan baby-baby rabbits tersebut bisa lebih leluasa bergerak sehingga pertumbuhan badannya bisa lebih maksimal.

Demikian sharing hari ini tentang cara menyapih anakan kelinci beserta perawatannya.

Artikel Terkait