Ayam Saigon ~ Si Botak Ayam Vietnam yang Tangguh

Ayam saigon merupakan unggas asli Vietnam yang masuk kategori sebagai ayam petarung atau ayam aduan. Unggas jenis ini sangat mudah dikenali sebab ia memiiki ciri khas yang cukup unik yakni bulu di sekitar kepala dan leher tampak botak. Meski begitu jangan anda anggap remeh unggas satu ini, karena ia memiliki perawakan yang tak kalah gagah dengan Ayam Bangkok Tailand.

ayam saigon

Banyak hobis ayam mengatakan bahwa ayam saigon ini memiliki beberapa keunggulan yang tak dimiliki ayam aduan jenis lain. Salah satu kelebihan ayam saigon yang paling dikenal adalah bentuk badan atletis, tinggi dan tegap, ibarat orang ia seperti binaragawan dengan otot yang kuat serta perut yang tampak sixpack.

Berkat keunggulan itulah hingga akhirnya tidak sedikit hobis yang menjadikannya sebagai salah satu ayam petarung yang cukup diminati di tanah air. Namun begitulah tiap orang memiliki hobi dan kegemaran yang berbeda, meski sebagian orang berpendapat sejatinya untuk menikmati seni dari seekor Ayam Saigon tanpa perlu menurunkannya ke arena sabung dengan kata lain tanpa perlu diadu.

Ciri-Ciri Ayam Saigon Vietnam Asli

Ayam Saigon Vietnam asli selalu identik dengan kepalanya yang plontos hingga sebagian leher menuju pangkal lehernya. Sedangkan ayam saigon yang telah lama dikembangkan di Indonesia biasanya bulu pada area kepalanya jarang ada yang botak, paling-paling hanya di bagian leher saja yang tak ditumbuhi bulu.

Ciri lain yang menonjol ialah bulu di bagian sayap tampak tipis dan tak jarang batang bulu sayap sering patah. Hal ini berbeda dengan Ayam Bangkok yang dikenal memiliki bulu yang cukup tebal dan kuat.

Dari segi postur unggas dengan ciri khas botak ini mempunyai kualitas postur yang lebih gagah, bidang, tinggi dan tampak kuat dan berotot. Meski begitu kemampuan bertarung ala Ayam Vietnam ini konon tak sehebat ayam petarung lain.

Ia dicap sebagai ayam petarung yang sering kehabisan nafas atau drop saat bertarung, dan staminanya terkadang tidak bisa diandalkan sebab ia terkadang kesulitan dalam menyerang lawannya, karena tubuhnya yang bongsor sehingga menyulitkan dirinya dalam membasmi lawannya. Demikian sharing kali ini seputar ayam saigon, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait