Seputar Ayam Pelung: Ciri-Ciri, Keunikan dan Harga Nya

Ayam pelung jika dilihat secara fisik maka tidak ubahnya ayam kampung biasa meski tak sama persis. Unggas ini masuk ke dalam kategori ayam hias yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya unggas satu ini terkenal akan 3 keunggulannya yaitu pandai berkokok panjang dengan alunan suara nada yang merdu disertai gaya berkokok yang cukup nyentrik, kedua pertumbuhannya tergolong cepat dan dari segi postur bentuk badannya terlihat besar dan gagah.

ayam pelung

Ayam hias yang identik dengan kualitas suara kokok panjang nan unik ini merupakan ayam asli Indonesia, tepatnya dari wilayah Cianjur, Jawa Barat. Konon awal ditemukannya ayam pelung ini bermula saat seorang Kiai dan seorang petani bernama H.Djarkasih menemukan anakan ayam jantan di kebun kemudian dibawanya pulang untuk dipelihara.

Ayam Pelung

Saat dipelihara ternyata pertumbuhan nya sangatlah cepat hingga ia menjadi sosok ayam jago bertubuh bongsor, tegap dan gagah dengan kemampuan suara kokok yang panjang dan mengalun merdu. Hingga akhirnya ia dinamakan ayam pelung yang kini telah menjadi icon ayam khas Cianjur tersebut. Lalu ayam itu dikembangkan, dikawinkan dengan ayam betina biasa. Itulah yang menjadi cikal bakal ayam pelung yang cukup melegenda saat ini.

Sebagai ayam peliaharaan yang memiliki ciri khas pada gaya berkokok sambil melengkungkan leher itu, lalu diadakanlah kontes ayam pelung tahunan di wilayah Cianjur tersebut. Namun dalam perkembangan nya kontes ayam pelung ini juga banyak di adakan di kota-kota besar di Indonesia. Untuk ayam terbaik pemenang kontes tentu akan dihargai lebih mahal, bisa mencapai jutaan rupiah.

Ciri-Ciri Ayam Pelung


Ayam spesial ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis ayam hias lain. Nah untuk memudahkan anda mengenali ciri-ciri ayam pelung tersebut silakan simak informasi berikut.

#1. Badan
Memiliki postur yang besar dan gagah, lebis besar dari pada ayam kampung.
Bobot pejantan dewasa bisa mencapai 5-6 kg.

#2. Jengger
Bentuknya besar, sebagian kecil miring, berwarna merah

#3. Pial
Ukuran pial besar, bulat dan berwarna merah

#4. Warna bulu
Mempunyai warna bulu yang beragam, tidak ada warna bulu khas.

#5. Suara kokok
Mampu berkokok dengan suara yang lebih panjang, berirama dan terdengar merdu.

Harga Ayam Pelung

Ada kualitas tentu ada harga. Nah, spesial ayam hias pelung ini dibandrol relatif mahal karena memang dari sisi kualitas, baik dari segi postur dan suara kokoknya tentu lebih istimewa. Adapun harga ayam pelunag anakan umur 1 bulan dibandrol dikisaran Rp 150.000 per ekor, untuk usia remaja Rp 300.000 dan untuk ayam dewasa Sekitar Rp 500.000.

Sekian ulasan tentang ayam pelung yang pandai berkokok dengan suara merdu ini.

Artikel Terkait